Kebakaran di Pasar Simpang Ludeskan Ruko Sembako

Kebakaran hebat terjadi di Pasar Simpang, Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Jumat (5/1/2018) sekitar pukul 21.00 WIB, meludeskan satu Ruko (rumah toko) penyedia sembako. Kebakaran di Pasar Simpang Ludeskan Ruko Sembako Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.Pemilik ruko diperkirakan mengalami kerugian cukup besar.

Informasi yang berhasil dihimpun, ruko sembako yang terbakar itu milik Eneng (40) warga Simpang, Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping. Saat kejadian, ruko sudah ditutup dan ditinggal pulang pemiliknya.

Kebakaran tersebut nyaris merambat ke ruko yang lainnya. Beruntung api dapat segera dipadamkan oleh warga. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut, namun sejumlah warga menduga api bersumber dari korsleting listrik.

“Api sudah dipadamkan masyarakat setempat dengan menggunakan ember dan mobil isi ulang air mineral,” kata Alif (20), warga yang berada dilokasi kejadian.

Pemkab Lebak Didesak Wujudkan Pos Damkar

Pasca terjadinya kebakaran yang meludeskan roku, Ketua Markas Anak Cabang (MAC) Laskar Merah Putih Indonesia (LMPI) Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Mohamad Iyos Rosyid, meminta Pemkab setempat segera mewujudkan wacana pembentukan Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK) dan pendirian pos – pos pemadam kebakaran (Damkar) di wilayah Lebak Selatan (Baksel).

WMK dan adanya pos – pos pemadam kebakaran, diharapkan dapat meminimalisir kerugian masyarakat akibat kebakaran.

“ Sangat prihatin, jika melihat kondisi kebakaran yang menghanguskan hampir tiga unit ruko semalam, api tidak dapat cepat dipadamkan karena tidak ada mobil Damkar. Api yang besar melalap hampir tiga unit ruko, hanya ditangani satu mobil pengangkut air bersih yang berupaya memadamkan api dibantu oleh warga dengan alat seadanya,”kata Iyos Rosyid kepada Wartawan melalui sambungan telphone, Sabtu (6/1/2018).

Oleh sebab itu, sambung Yosa, wacana pembentukan WMK dan pendirian Pos Damkar di Baksel sudah harus segera diwujudkan oleh Pemkab Lebak.

“Diharapkan nantinya Pos Damkar itu berada di wilayah Kecamatan Malingping, sebab dengan jumlah dan kepadatan penduduk sudah layak terdapat Pos Damkar. Selain itu, bila Pos Damkar nanti berada di wilayah Kecamatan Malingping juga dapat mengcover beberapa wilayah lainnya seperti, Kecamatan Wanasalam, Cijaku, Cigemblong ,Banjarsari dan Kecamayan Cihara,”ujarnya.

Leave a Comment