Kebakaran Gudang Cangkang Sawit Incasi Raya

Kobaran api yang melanda gudang cangkang sawit milik PT Incasi Raya dan gudang karet di Jalan Bypass, Kelurahan Pampangan, Kecamatan Lubeg, Kota Padang sejak Senin Subuh, semakin besar.Kebakaran Gudang Cangkang Sawit Incasi Raya

Bahkan, puluhan armada kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang, PT Pelindo, PT Semen Padang dan Lantamal II Padang yang sedari awal melakukan upaya pemadaman, tak dapat menjangkau tiik api.

“Titik api sulit kami jangkau. Kobaran api semakin besar. Saat ini kami tengah berusaha untuk memadamkan api agar tak meluas ke lokasi lainnya,” kata Kepala Damkar Kota Padang Hendrizal Azhar kepada tribunpadang.com, Senin (23/4/2018) siang.

Damkar Padang, lanjutnya, sudah mengerahkan seluruh armada dan personil.Kebakaran Gudang Cangkang Sawit Incasi Raya

Ada 16 unit armada Damkar yang dikeranhkan, ditambah dengan armada Damkar PT Semen Padang sebanyak 2 unit, Pelindo 2 unit dan dari Lantamal II Padang 1 unit.

“Upaya pemadaman masih terus kami lakukan agar api tidak merambat ke pemukiman penduduk. Sampai saat ini kami masih berusaha untuk menjangkau titik api yang berada di dalam gudang yang terbakar,” ujarnya.

Kebakaran hebat itu tak hanya melanda empat petak gudang berisi cangkang sawit dan karet, tapi juga membuat warga yang tinggal di sekitar lokasi kebakaran, terpaksa meninggalkan rumahnya dengan membawa harta bendanya yang berharga.

Deni, salah seorang warga sekitar mengatakan bahwa dia dan sejumlah warga lainnya terpaksa meninggalkan rumah, karena api semakin besar dan asap hitam terus membumbung tinggi.

“Kemudian, serpihan dari letupan puing yang terbakar juga berterbangan ke rumah-rumah warga. Kami pun khawatir dan cemas kalau api juga merambat ke rumah kami. Makanya, kami langsung meninggalkan rumah begitu ada instruksi dari Damkar Padang,” ujarnya.

Sebelumnya, kebakaran hebat melanda sebuah kawasan industri di Jalan Bypass, Kota Padang, Selasa pagi. Dua gudang karet dan dua gudang cangkang sawit milik PT Incasi Raya, Kelurahan Pampangan, Kecamatan Lubeg, Kota Padang terbakar.Kebakaran Gudang Cangkang Sawit Incasi Raya

Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut. Namun kerugian akibat kebakaran yang mulai terjadi sejak Subuh itu, diperkirakan mencapai miliaran rupiah, karena gudang tersebut dilaporkan berisi ribuan ton cangkang sawit dan karet.

Hingga berita ini ditulis, api pun masih menyala. Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang hingga kini, masih berusaha untuk memadamkan kobaran api dengan belasan armada yang dituunkan ke lokasi kebakaran.

About the author: Ato
Menyukai Tantangan, Ecommerce Consultant. Business Development and Corporate Market

Leave a Comment