Kebakaran Hanguskan Arsip RSUD Cibinong

Ruang arsip keuangan Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong Kabupaten Bogor terbakar, Kamis 4 Januari 2018 siang. Kebakaran Hanguskan Arsip RSUD Cibinong

Kejadian tersebut menghanguskan arsip perusahaan selama lima tahun terakhir meski tidak menimbulkan korban.Kebakaran Hanguskan Arsip RSUD Cibinong

Menurut staf data dan informasi Dinas Pemadam Kebakaran, Wahyu Malik, petugas mendapatkan laporan dari salah seorang pegawai RSUD Cibinong. “Saat petugas pemadam tiba, kobaran api sudah besar di dalam ruangan. Asap di dalam juga tebal dan menyesakkan,” katanya setelah api bisa dipadamkan, satu jam kemudian.

Menurut kesaksian para pegawai, mereka pertama kali mengetahui kebakaran sekitar pukul 10.30 setelah melihat kepulan asap keluar dari jendela ruangan tersebut. Api berkobar di ruangan lantai dua gedung yang baru diresmikan Bupati Bogor Nurhayanti pada Maret 2017 lalu.

Kebakaran tidak sampai meluas karena petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran langsung tiba di lokasi tak lama setelah asap terlihat. Jarak kantor kebakaran yang dekat dari lokasi kejadian membuat petugas bersama tiga unit kendaraan pemadam bisa cepat tiba dan melakukan pemadaman sesuai prosedur tanpa kendala.
Pasien tidak terganggu

Sementara itu, Wakil Direktur Administrasi RSUD Cibinong Era Kustomi mengaku belum bisa menyebutkan jumlah kerugian akibat kebakaran tersebut. Ia juga belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran sebelum dilakukan penyelidikan lebih mendalam oleh pihak kepolisian setempat.

“Kebakaran tidak sampai mengganggu pelayanan pasien karena lokasi yang terbakar itu berbeda gedung dengan bagian perawatan pasien,” kata Tomi dalam keterangan persnya. Ia mengakui ruangan tersebut berisi arsip keuangan selama lima tahun terakhir. Namun, data yang ada diakui telah digitalisasi sehingga tidak hilang akibat kejadian kali ini.

Lebih lanjut, Kepala Seksi Penguatan Kapasitas Pemadam Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor, Muhammad memastikan kebakaran tidak menimbulkan kerusakan parah apalagi korban jiwa. Penanganan yang cepat itu berkat kesiapsiagaan seluruh pihak. “Kami terakhir kali melakukan pelatihan pada pegawai RSUD Cibinong satu bulan lalu,” katanya.

Leave a Comment