Kebakaran Pondok Pesantren

Sebanyak 40 kamar dii Pondok Pesantren Al Fadiliyah, di wilayah Cibeunying, Desa Pusakanagara, Kecamatan Baregbeg, Ciamis, Kamis 26 April 2018. Kejadian berlangsung sekitar pukul 11.00 WIB habis terbakar.Kebakaran Pondok Pesantren

Informasi yang dihimpun, diduga sumber api berasal dari lantai atas. Hal itu berkenaan kebakaran tersebut diketahui ketika asap sudah membubung. Melihat kejadian tersbeut para santri bersama warga berupaya memadamkan api.Kebakaran Pondok Pesantren

Dengan memergunakan peralatan seadanya untuk mengambil air, mereka juga mencoba melokalisasi kobaran api. Akan tetapi upaya tersebut tidak membuahkan hasil maksimal, kobaran api dengan cepat merambat ke kamar lain, yang seluruhnya berlanti papan dan sebagian dinding masih berupa bilik.

“Pertama yang terlihat asap sudah mengepul di lantai dua depan hingga membubung atap. Santri yang ada di dalam kamar langsung serabutan keluar menyelamatkan diri. Kobaran api dengan cepat menyebar seluruh bangunan,” ungkap Dede , Kebakaran Pondok Pesantrensalah seorang warga dekat asrama yang terbakar.

Ditambahkan dalam waktu singkat seluruh bangunan kamar santri habis terbakar. Kobaran api baru dapat benar-benar padam setelah petugas pemadam kebakaran membantu pemadaman. “Api baru benar-benar padam setelah datang petugas dan mobil Damkar memadamkan api,” ujarnya.
Rugi Rp200 juta

Sementara itu Pimpinan Ponpes Al Fadiliyah Cibenunying, KH AsepM Tohir mengatakan belum bisa memastikan sumber api yang menyebabkan terbakarnya asrama. Kebakaran tersebut diperkirakan menelan kerugian hingga Rp 200 juta.

“Kami perkirkan api berasal dari lantai atas. Api cepat merambat dan kobarannya besar sekali. Lantainya memang masih papan dan sebagian dinding masik bilik,” ungkap KH Asep M Tohir.

Asrama yang terbakar lanjutnya, merupakan bangunan lama, sehingga lantainya masih papan dan dinding bambu. Sedangkan bangunan baru yang tidak jauh dari kobong sudah bangunan modern atau beton. “Santri yang menempati bangunan yang terbakar, sementara dipindah ke bangunan baru,” tuturnya.Kebakaran Pondok Pesantren

Leave a Comment