Kena Percikan Las, Pabrik Getah Karet Terbakar

Pabrik pengolahan getah karet di Desa Sungikulon, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan terbakar, disaat karyawan tengah bekerja. Api bersumber dari percikan api dari karyawan yang tengah melakukan pengelasan atap pabrik.

Meski tidak ada korban luka maupun korban jiwa, kerugian materiil akibat kebakaran tersebut diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.Kena Percikan Las, Pabrik Getah Karet Terbakar

Salah seorang karyawan, Qohar mengatakan, sebelum terjadi kebakaran, sejumlah pekerja tengah menyelesaikan pekerjaan pengelasan atap bangunan. Pekerja las ini sempat diingatkan agar berhati-hati karena berdekatan dengan timbunan getah karet.

Karena merasa terpisah cukup jauh, pekerja las tersebut tetap melanjutkan pekerjaannya. Nahasnya, percikan api yang tidak beraturan tersebut justru mengenai timbunan getah karet yang berada dalam drum.

“Percikan api mengenai tumpukan getah pinus yang dengan cepat menyala. Kami sudah berusaha memadamkan dengan alat seadanya. Tapi kobaran api justru semakin besar,” kata Qohar kepada wartawan, Rabu (31/8/2016).

Menurutnya, kepanikan ini melanda seluruh pekerja di pabrik tersebut. Mereka trauma dengan peristiwa kebakaran tiga bulan lalu yang nyaris meluluh lantakkan gedung seisi pabrik.

“Karyawan lari kalang kabut dengan menyelamatkan barang-barang penting. Kami khawatir kebakaran meluas pada seluruh pabrik,” tandasnya.

Kepanikan ini juga terjadi pada warga yang bermukim disekitar pabrik. Kobaran api yang terus membesar dikawatirkan merembet pada pemukiman warga. Petugas pemadam kebakaran yang tiba beberapa saat kemudian, berupaya melokalisir kobaran api agar tidak merembet lebih luas.

Kapolsek Pohjentrek AKP Sumarno menyatakan, kebakaran ini merupakan peristiwa yang kedua kalinya. Pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut. Dugaan sementara, penyebab kebakaran ini karena adanya percikan api dari pekerja pengelasan didekat timbunan getah karet.

“Kami masih melakukan pemeriksaan saksi-saksi untuk mengetahui penyebab kebakaran. Berdasar keterangannya, titik api terjadi karena adanya percikan dari pengerjaan las di dekat getah karet,” kata Sumarno.

Kena Percikan Las, Pabrik Getah Karet Terbakar

About the author: Ato
Menyukai Tantangan, Ecommerce Consultant. Business Development and Corporate Market