Pasar Tavip Medan Terbakar

MEDAN – Kerugian material akibat musibah kebakaran yang menghanguskan seluruh kios sembako dan toko pakaian di Gedung Lantai II dan III Pasar Tavip Kota Binjai, Sumatera Utara, Minggu malam, 8 Mei kemarin mencapai Rp40 miliar.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai, M Yusrizal, kepada wartawan, saat meninjau lokasi kebakaran, Senin (9/5/2016).

“Dilihat dari kondisi kerusakannya, kita perkirakan total kerugian material mencapai lebih dari Rp 40 miliar,” terangnya, didampingi Kepala Bidang Pasar, Dinas Pendapatan Derah (Dispenda) Kota Binjai, Ahmad Yani di Binjai.

Menurut Yusrizal, besarnya jumlah kerugian itu disebabkan rusaknya sebagian besar tempat usaha, hingga menyebabkan musnahnya barang berharga dan dagangan.
“Jumlah kerugian kemungkinan besar bisa saja bertambah. Sebab berdasarkan catatan kita, lebih dari seribu tempat usaha dilaporkan hangus. Jumlah itu terdiri dari 589 kios, 520 meja, dan 30 stan,” jelasnya.

Hanya saja Yusrizal mengaku, hingga saat ini pihaknya belum mendapat laporan mengenai kemungkinan adanya korban jiwa ataupun luka dalam peristiwa itu.

Pantauan di lokasi, puluhan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemerintah Kota Binjai masih terus melakukan penyemprotan terhadap puing sisa kebakaran. Beberapa petugas instalasi PT PLN (Persero) Area Binjai, juga terlihat sibuk melakukan pemadaman aliran listrik sementara waktu di kawasan itu.

Meski demikian, musibah kebakaran yang sempat membuat heboh warga Kota Binjai itu tidak terlalu mempengaruhi sebagian besar aktivitas jual-beli dan transaksi ekonomi di pasar tersebut.

About the author: Ato

Menyukai Tantangan, Ecommerce Consultant. Business Development and Corporate Market