Tips Penanggulangan Awal Saat Terjadi Kebakaran

tabungpemadamapi.com – Kadis Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (PB) DKI Jakarta Subejo berharap masyarakat ikut mewaspadai peristiwa kebakaran seperti yang terjadi di beberapa titik di Jakarta dalam beberapa pekan ini.

Subeju berharap masyarakat ikut melakukan penanggulangan awal saat terjadinya kebakaran. Dia menjelaskan, untuk dapat melakukan penanggulangan awal kebakaran, masyarakat harus mengenali tiga kelas kebakaran, yakni karena api yang muncul dari benda padat, cairan mudah terbakar, atau api yang muncul akibat korsleting listrik.

Setiap kelas kebakaran itu, kata Subejo, bisa dipadamkan dengan cara berbeda.

Untuk kebakaran yang disebabkan munculnya api dari benda padat bisa dipadamkan menggunakan media seperti air, pasir, karung goni basah, dan alat pemadam api ringan (APAR) atau racun api tepung kimia kering.

Sementara untuk kebakaran yang disebabkan cairan mudah terbakar bisa dipadamkan menggunakan pasir, APAR, dan atau racun api tepung kimia kering.

“Dilarang memakai air untuk kebakaran karena cairan mudah terbakar karena berat jenis air lebih berat dari pada berat jenis bahan di atas sehingga bila kita menggunakan air maka kebakaran akan melebar ke mana-mana,” ungkap Subejo, dikutip Kompas.com dari laman Disdamkar dan PB DKI Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Adapun kebakaran yang disebabkan api dari korsleting listrik bisa dipadamkan menggunakan APAR atau racun api tepung kimia kering, setelah mematikan aliran listrik agar proses pemadaman lebih aman.